Mengurus SKCK untuk visa di Mabes POLRI secara online

Dua tahun yang lalu (2014), saya mengurus SKCK untuk keperluan studi di Spanyol. Saat itu belum ada sistem online di Mabes POLRI, jadi bawa berkas yang diperlukan, datang langsung, isi formulir, dan SKCK bisa didapat di hari yang sama.

Nah, sekitar tahun 2015 (CMIIW) kita bisa buat SKCK secara online, yang selanjutnya akan saya jelaskan melalui post ini.

Website…

Website-nya bisa diklik disini –> skck.polri.go.id

Screen Shot 2017-06-08 at 13.21.47.png

Dari websitenya sendiri sebenarnya sudah dijelaskan bagaimana cara mengurusnya dan berkas apa saja yang diperlukan.

Berkas yang diperlukan…

Melalui website tersebut nanti kita isi semua kolom pertanyaan seperti Keperluan pembuatan visa, alamat, nama orang tua, nama saudara, hobi, keterangan sidik jari, warna kulit, bentuk muka, pendidikan, apakah pernah melakukan tindakan kriminal, dll.

Kolom kolom yang perlu diisi tersebut sebenarnya ada formulir yang harus diisi bila kita buat SKCK secara langsung ke MABES POLRI. Jadi pembuatan SKCK secara online ini menurut saya memotong bagian tersebut.

Screen Shot 2017-06-08 at 13.39.15.png

Untuk keterangan sidik jari, dua tahun lalu karena saya pernah buat SKCK sebelumnya, saya hanya mengisi sidik jari sesuai SKCK saya dua tahun lalu, dan mengupload file SKCK saya dua tahun lalu.

Screen Shot 2017-06-08 at 13.41.22.png

Jika belum ambil sidik jari, sepertinya pengambilan sidik jari juga bisa dilakukan di Mabes POLRI.

Dokumen yang perlu diupload: KTP, Kartu Keluarga, dan Akta kelahiran

Kemudian setelah mengisi semua kolom dan mengupload semua dokumen, kita akan mendapatkan nomor registrasi yang kemudian kita cetak dan bawa ke MABES POLRI.

Dokumen yang perlu dibawa:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi Akta Kelahiran
  4. Fotokopi Paspor
  5. Lembar registrasi SKCK online

Saya juga bawa SKCK saya dua tahun lalu untuk keterangan sidik jari, SKCK ini kemudian diambil oleh petugasnya.

Di Mabes POLRI…

Sampai di MABES POLRI, kita harus ke bagian pengurusan SKCK, bisa ditanyakan ke polisi polisi yang berseliweran disana, polisinya ramah dan baik kok. 🙂

Jam kerja BAINTELKAM ini dari jam 08.00 – 15.00. Nah sampai di bagian pengurusan SKCK (BAINTELKAM) kita ambil nomor antrian. Setelah dipanggil, kita akan diminta lembar registrasi SKCK online dan berkas berkas lain: fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi paspor, fotokopi akta kelahiran. Lalu akan ditanya apakah sudah pernah diambil sidik jarinya. Karena saya sudah pernah buat SKCK, saya juga menyerahkan SKCK saya dua tahun yang lalu. Kita juga akan ditanya tujuan pembuatan visa dan ke negara mana.

Lalu kita diminta untuk menunggu, dan selanjutnya petugas akan memfoto dan mengambil sidik jari tambahan.

Perbedaan dibanding dua tahun lalu adalah kita akan difoto kembali oleh petugas dan sidik jari dan tanda tangan juga akan diminta kembali. Jadi pas foto 4×6 berlatar  belakang merah sebanyak 6 lembar yang sudah saya siapkan tidak diminta.

Biaya yang diperlukan adalah Rp. 30.000,- yang dibayarkan secara langsung kepada petugas. SKCK untuk visa pun dapat selesai dalam satu hari itu juga.

Yang menjadi catatan pada pembuatan SKCK online untuk visa ini adalah kehadiran kita di Mabes POLRI adalah mutlak karena foto langsung diambil oleh petugas.

Semoga info ini dapat membantu.

Saludos!!

 

Leave a Reply

